Senin, 28 November 2011

pengantar bisnis_tugas kelompok minggu ke1-10


pengantar bisnis_tugas minggu ke-1

Tugas minggu 1
1. JELASKAN APA YG DI MAKSUD BISNIS MENURUT ANDA DAN KENAPA BISA DEMIKIAN..?
Jawab:
Dalam ilmu ekonomi menurut kelompok kami, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
2. CERITAKAN SEJAK KAPAN BISNIS ITU MUNCUL..?
Jawab:
bisnis muncul sejak adanya perdagangan jual beli barang atau jasa antara pembeli dan penjual yang bertujuan untuk saling memenuhi kebutuhannya. Jadi bisnis itu muncul sejak jaman dahulu, bahkan sebelum muncul nya mata uang manusia sudah melakukan bisnis. Contohnya: pada zaman dahulu banyak orang melakukan jual beli dengan cara menukarkan barang yang mereka miliki dengan barang yang akan dibeli ( barter )
3. BERIKAN ALASAN MENGAPA ORANG BELAJAR BISNIS DAN JELASKAN MASING2 ALASAN
Jawab:
• Alasan kami pribadi yaitu untuk menunjang kebutuhan perkuliahan agar kami lebih memahami bisnis dalam bidang akuntansi.
• Orang-orang belajar bisnis untuk mencari laba atau keuntungan dengan cara berdagang, baik berdagang barang maupun jasa.
• Orang-orang belajar bisnis juga untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang bisnis agar mereka tidak tertipu dan dapat berkecimpung dalam dunia bisnis.
• Untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, tersier yang hanya bisa di dapatkan dengan berbisnis.
4. APA YG DIMAKSUD FAKTOR PRODUKSI , SIAPA YG MEMPERGUNAKAN COBA JELASKAN
Jawab:
Faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa. Sumber daya tersebut di bagi menjadi 4 bagian yaitu, tenaga kerja, modal, sumber daya alam dan kewirausahaan. Yang mempergunakannya yaitu perusahaan, baik perusahaan besar, menengah, kecil. Mereka pasti membutuhkan faktor produksi untuk bisa menjalankan proses produksi karena setiap perusahaan harus memproduksi sesuatu, bisa barang atau jasa.
5. SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN BERIKAN ALASAN MENGAPA FAKTOR INTERNAL LANGSUNG MEMPENGARUHI KEGIATAN SUATU PERUSAHAAN
Jawab:
Faktor lingkungan internal yang berada pada suatu perusahaan terdiri dari direktur, manager dan karyawan. Faktor tersebut dapat mempengaruhi perusahaan jika adanya kerjasama yang baik ataupun sebaliknya. Jika direktur, manager dan karyawannya dapat mengelola perusahaan dengan semaksimal mungkin, alhasil perusahaanpun akan tumbuh berkembang secara operasional. Dan jika tidak adanya kerjasama yang baik antara direktur, manager dan karyawan maka perusahaan akan mengalami ketidakberhasilan atau kerugiaan yang dialami perusahaan.
TUGAS  MINGGU 2 :


1.    JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI?

JAWAB:  langkah cara mendirikan ukm dengan memperhatikan factor produksi,yaitu:
a. Modal, adalah barang atau uang yang dapat digunakan dan dipakai untuk mendirikan UKM, yang berasal dari pinjaman bank atau individual atau kelompok.
b.Tenaga Kerja, adalah setiap orang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat. Tenaga kerja dibagi 3 yaitu:
·         Tenaga kerja terdidik
·         Tenaga kerja terampil
·         Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terampil
c.Material, yang bersumber dari alam semesta atau berasal dari alam yang tidak bisa dibuat oleh manusia. Contohnya: tanah, air, dan bahan-bahan mentah.
d.Metode, adalah cara yang dilakukan dengan sistematis guna untuk mencapai suatu tujuan atau rencana yang bertujuan menghasilkan barang dan jasa.

2.    BERILAH MASING – MASING  SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT?

JAWAB:
·         Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam
·         Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah
·         Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah
·         Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi faktor-faktor ekonomi
·         Lokasi/letak perusahaan berdasakan Hubungan/Pergaulan Internasional


3.    SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN!

JAWAB: tujuan perusahaan adalah kemauan atau keinginan investor, karyawan/pegawai, penyedia faktor-faktor produksi dan masyarakat untuk memperoleh laba/pelanggan/pengembangan kebutuhan masyarakat dalam produk, kualitas, kuantitas dan waktu pelayanan kegunaan.


4.    JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN!

JAWAB:
Ø  Lingkungan Internal adalah suatu proses yang terkait langsung dengan kegiatan sehari-hari organisasi dan mempengaruhi langsung terhadap setiap kebijakan untuk memiliki implikasi langsung dan khusus pada perusahaan.
Ø  Lingkungan Eksternal adalah suatu lingkungan luar perusahaan dimana unsur-unsur ini tidak dapat dikendalikan dan diketahui terlebih dahulu oleh manajer, disamping itu juga akan mempengaruhi manajer di dalam pengambilan keputusan yang akan dibuat.



5.    APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU  PERUSAHAAN!

JAWAB:
Ekologi   : pencemaran udara,air,sampah
Ekonomi : urbanisasi,pertambahan,penduduk,pajak
Sosial      : kriminalitas,pengangguran
Politik     : pertahanan keamanan
Hukum    : keputusan dan transaksi perusahaan




6.    JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED APPROACH!

JAWAB:
  a.Producer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada produsen, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
  b.Consumer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada konsumen, maksudnya membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen ke pasar.

pengantar bisnis_tugas minggu ke-3

Tugas minggu ke-3:
1. JELASKAN BENTUK PERUSAHAAN DAN BERI 5 CONTOH : – CV , PT , YAYASAN , KOPERASI ,ASURANSI, LEASING , PESEROAN TERBATAS NEGARA ?
Jawab:
- CV: Suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Satu pihak dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi ketika krisis finansial. Yang aktif mengurus perusahaan cv disebut sekutu aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif. Contohnya: Persero Aktif yaitu orang yang aktif menjalankan dan mengelola perusahaan termasuk bertanggung jawab secara penuh atas kekayaan pribadinya. Persero Pasif yaitu orang yang hanya bertanggung jawab sebatas uang yang disetor saja kedalam perusahaan tanpa melibatkan harta dan kekayaan peribadinya.
- PT: Organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Di dalam PT pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal untuk menjadi pimpinan. Untuk mendirikan PT / persoroan terbatas dibutuhkan sejumlah modal minimal dalam jumlah tertentu dan berbagai persyaratan lainnya. Contohnya: PT Sinar sosro, PT Indonesia Power (PT IP) Pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) Pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PT PLN Batam) Penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum di Pulau Batam PT Indonesia Comnets Plus (PT ICON+)
- Yayasan: suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang. Di Indonesia, yayasan diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Rapat paripurna DPR pada tanggal 7 September 2004 menyetujui undang-undang ini, dan Presiden RI Megawati Soekarnoputri mengesahkannya pada tanggal 6 Oktober 2004. Contohnya: Yayasan Cendikia Bumi Siliwangi, Yayasan Tatali Karuhun Nusantara (YTKN) Tangerang Selatan – Banten, Yayasan Amallillah (YA), Yayasan Salman Al Farisi Jogja D.I. Jogjakarta, Yayasan Haji Sabih Goenadjaya Dikoesoemah, Bogor
- Koperasi: Merupakan perkumpulan orang orang termasuk badan hukum yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama.
Kerugian dan keuntungan ditanggung dan dinikmati bersama secara adil.
Pengawasan dilakukan oleh anggota.
Mempunyai sifat saling tolong menolong. Contohnya: Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Konsumen, Koperasi Produsen, Koperasi Pemasaran dan Koperasi Jasa.
- Asuransi: Istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Contohnya: Tugu Pratama Indonesia, Asuransi Jasa Indonesia, Asuransi Adira Dinamika, Asuransi Astra Buana, Zurich Insurance Indonesia
- Leasing: setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu, berdasarkan pembayaran-pembayaran secara berkala disertai dengan hak pilih bagi perusahaan tersebut untuk membeli barang-barang modal yang bersangkutan atau memperpanjang jangka waktu leasing berdasarkan nilai sisa uang yang telah disepakati bersama. Contohnya: Heart & Determination Training (Education), PT. Midtou Aryacom Futures, PT. Millionaire Group Indonesia, PT. Seger Agro Nusantara, PT. Jaya Permai Indo Constucti.
- Perseroan terbatas negara: BUMN yang berbentuk perseroan terbatas (PT) yang modal/sahamnya paling sedikit 51% dimiliki oleh pemerintah, yang tujuannya mengejar keuntungan. Maksud dan tujuan mendirikan persero ialah untuk menyediakan barang dan atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat dan mengejar keuntungan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Contohnya: PT. PP (Pembangunan Perumahan),PT Bank BNI Tbk, PT Kimia Farma Tbk, PT Indo Farma Tbk, PT Tambang Timah Tbk
2. SEBUT & JELASKAN TENTANG LEMBAGA KEUANGAN DI INDONESIA
Jawab:
Lembaga keuangan bertindak selaku lembaga yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabahnya, dimana pada umumnya lembaga ini diatur oleh regulasi keuangan dari pemerintah.
Di Indonesia lembaga keuangan ini dibagi kedalam 2 kelompok yaitu lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank (asuransi, pegadaian, perusahaan sekuritas, lembaga pembiayaan).
Lembaga keuangan ini menyediakan jasa sebagai perantara antara pemilik modal dan pasar utang yang bertanggung jawab dalam penyaluran dana dari investor kepada perusahaan yang membutuhkan dana tersebut. Kehadiran lembaga keuangan inilah yang memfasilitasi arus peredaran uang dalam perekonomian, dimana uang dari individu investor dikumpulkan dalam bentuk tabungan sehingga risiko dari para investor ini beralih pada lembaga keuangan yang kemudian menyalurkan dana tersebut dalam bentuk pinjaman utang kepada yang membutuhkan. Ini adalah merupakan tujuan utama dari lembaga penyimpan dana untuk menghasilkan pendapatan.
3. APA YG DI MAKSUD MERGER , KARTEL , JOINT VENTURA
Jawab:
-MERGER : Sebagai penyerapan dari suatu perusahaan oleh perusahaan yang lain. Definisi merger yang lain yaitu penggabungan dua perusahaan menjadi satu, dimana perusahaan yang me-merger mengambil/membeli semua assets dan liabilities perusahaan yang di-merger dengan begitu perusahaan yang me-merger memiliki paling tidak 50% saham dan perusahaan yang di-merger berhenti beroperasi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau saham di perusahaan yang baru .
-KARTEL : kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Berdasarkan hukum anti monopoli, kartel dilarang di hampir semua negara. Walaupun demikian, kartel tetap ada baik dalam lingkup nasional maupun internasional, formal maupun informal.
-JOINT VENTURE : adalah kerjasama diantara dua orang atau badan usaha atau lebih untuk mengusahakan tertentu .

pengantar bisnis_tugas minggu ke-4

TUGAS MINGGU 4 :
1. SEBUTKAN PERBEDAAN WIRASWASTA DAN WIRASWASTAWAN SERTA UNSUR APA YG DIMILIKI WIRASWASTA
Jawab:
Wiraswasta yaitu Bidang usaha atau perusahaan yang di dirikan oleh seseorang atau sekelompok orang yang bertujuan untuk menciptakan alternatif lapangan pekerjaan, minimal bagi pendiri usaha tersebut. Wiraswasta juga dapat di artikan sebagai kegiatan yang mengandal kemampuan, keahlian pengelolaan dan keberanian mengambil keputusan dalam menjalankan bisnis sendiri.
Sedangkan wiraswastawan yaitu lebih kepada pribadi atau orang yang menjalankan kegiatan wiraswasta dan wiraswastawan memiliki beberapa kemampuan untuk mengambil keputusan, menetapkan tujuan atas pertimbangan dan kekuatan diri sendiri, serta berani mengambil resiko atas usahanya.
Unsur wiraswasta yaitu : Unsur keberanian, unsur keterampilan, unsur sikap dan mental, unsur kewaspadaan.
2. BAGAIMANA PERKEMBANGAN FRANCHISING DI INDONESIA SEARCHING DI INTERNET
Jawab:
Di Indonesia, franchising mulai di kenal pada awal 80-an, seiring masuknya franchisee asing yang bergerak di sektor rumah makan seperti KFC, TEXAS, dll. Jaringan ini berkembang sangat pesat dengan waktu yang singkat, untuk saat ini sudah lebih dari 500 perusahaan yang menerima franchisee asing dari berbagai macam bidang, antara lain : rumah makan, jasa pemasaran, mini market, hotel, salon kecantikan, dll.
3. BERI 5 CONTOH RIIL USAHA FRANCHISING YG BERGERAK DI BIDANG :
a. Pendidikan : Global Art, Primagama, LPIA, Ganesha, Al-Azhar
b. Kesehatan : Kimia Fharma, RS Global, RS Omni, RS Medistra, RS Mitra
c. Salon & perawatan : johny andrean, Dove, Clear, Zwitsal, Gatsby
d. Makanan dalam negeri/lokal : 7eleven, Es Teler 77, J.CO Donut, Seafood, bakso lapangan tembak
e. Otomotif : Astra, Yamaha, Toyota, Garda Otto, DBS
4. JELASKAN PERBEDAAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN BISNIS KECIL DENGAN CONTOH KASUS YG NYATA
Jawab :Kewirausahaan yaitu kemampuan mengambil resiko untuk memulai suatu perusahaan dengan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha. Sedangkan Bisnis kecil yaitu bisnis yang di kelola sendiri dengan mengandalkan kewirausahaan yang di miliki oleh pendiri bisnis kecil tersebut.
Contoh : Seorang pedagang mie ayam yang mendirikan bisnis kecil yang di kelola sendiri.

pengantar bisnis_tugas minggu ke-5

Tugas Minggu ke-5
1. SEBUTKAN FUNGSI MANAJEMEN DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA
a. Planning (Perencanaan)
b. Organizing (Pengornisasian)
c. Directing (Pengarahan)
d. Coordinating (Pengkoordinasian)
e. Controlling (Pengawasan)
Manfaat : menerapkan fungsi manajemen membuat semua hal yang kita lakukan untuk mencapai sebuah tujuan terlaksana dengan baik. Karena dengan menggunakan manajeman kita dapat mengelola waktu dan jadwal kegiatan kita seefisien mungkin tanpa harus menyianyiakan waktu.
2. APA CIRI MANAJER PROFESIONAL BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN:
a. DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
Dapat mengatur waktu agar tidak sia-sia (waktu kerja/waktu istirahat)
Dapat menjaga hubungan dengan atasan maupun dengan bawahan
Mempunyai keterampilan mengelola Sumber Daya
b. DENGAN INFORMASI
Dapat menerima atau mengelola informasi dengan cepat
Dapat memanfaatkan informasi seefisien mungkin
c. DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Bisa memberi keputusan seadil mungkin untuk karyawan
Dapat mengambil keputusan untuk perusahaan
Pengambilan keputusan dilakukan secara obyektif dan tidak merugikan siapapun
3. SEBUTKAN BENTUK – BENTUK ORGANISASI DAN PENGERTIANNYA SECARA SINGKAT
a. Bentuk Organisasi Garis
Bentuk ini merupakan nbentuk organisasi paling tua dan paling sederhana. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.
b. Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk ini merupakan bentuk dimana sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini dikembangkan oleh FW Taylor.
c. Bentuk Organisasi Garis dan Staff
Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh Harrington Emerson.
d. Bentuk Organisasi Fungsional dan Staff
Bentuk ini merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan staff. Adapun kebaikan dan keburukan dari bentuk organisasi ini adalah juga merupakan kombinasi dari bentuk diatas.

pengantar bisnis_tugas minggu ke-6

TUGAS MINGGU KE-6.
1. JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
3. APA YG DIMAKSUD KONSEP INTI PEMASARAN
4. SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN
Jawab:
1. Perbedaan antara Pasar dan Pemasaran
-Pasar : konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
-Pemasaran : merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2. • Pasar lokal Yang dimaksud pasar lokal adalah pertemuan penawaran dan permintaan akan barang dan jasa sebatas daerah setempat. Produk yang ada di pasar umumnya sangat terbatas dan untuk memenuhi kebutuhan lokal.
• Pasar regional Yang dimaksud pasar regional adalah penawaran dan permintaan akan barang dan jasa dimana produk yang ada di pasar untuk memenuhi kebutuhan daerah/wilayah regional. Sebagai contoh permintaan dan penawaran tepung sagu sebagai makanan pokok sebagian besar terdapat pada daerah Maluku. Oleh sebab itu pasar regional sagu terdapat di wilayah Maluku dan sekitarnya.
• Pasar internasional Pasar internasional atau pasar dunia adalah permintaan dan penawaran berbagai produk dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara untuk dipasarkan ke negara lain. Contoh Indonesia menghasilkan rempah-rempah, minyak, ukir- ukiran dan banyak ditawarkan ke negara lain. Sebaliknya Indonesia banyak membeli barang elektronik dan mesin-mesin untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.
Berdasarkan ukuran waktu, dibedakan menjadi:
• Pasar harian Pada pasar jenis ini, keseimbangan antara permintaan dan penawaran bersifat sementara dan jangka pendek, sehingga jumlah barang yang tersedia sedikit dan terbatas pada hari itu saja. Pada pasar ini tidak ada kesempatan untuk memperbanyak jumlah barang di pasar.
• Pasar jangka pendek (short run market) Dalam pasar ini terdapat kesempatan untuk memperbesar jumlah barang yang diperdagangkan. Akan tetapi hanya sebatas faktor produksi yang tersedia.
3. mengidentifikasi konsep inti pemasaran itu, meliputi:
1) Target markets and segmentation. Segmentasi berkaitan dengan pengelompokan pasar yang menuntut bauran pemasaran yang berbeda. Segmen pasar ini dapat diidentifikasi berdasarkan aspek demographic, psychographic dan perilaku konsumen.
2) Marketplace, marketspace and metamarket. Marketplace bersifat fisik seperti seseorang berbelanja di suatu toko. Beberda dengan marketplace, marketspace bersifat digital seperti seseorang berbelanja melalui internet. Adapun metamarket bersifat komplementer dari barang dan jasa berbagai industri yang relevan seperti automobile metamarkets, terdiri dari: pabrik mobil, dealer mobil, lembaga keuangan, perusahaan asuransi.
3) Marketers and prospects. Marketer adalah seseorang atau organisasi yang berusaha mendapatkan suatu respons (perhatian, pilihan dan pembelian) dari pihak lain atau prospect.
4) Need, wants and demand. Marketer harus berusaha memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan pasar sasaran.
5) Product, offering and brand. Produk berkaitan dengan nilai yaitu seperangkat manfaat yang ditawarkan kepada konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.
6) Value and satisfaction. Kesesuaian antara kinerja produk dengan tuntutan konsumen akan membentuk kepuasan bagi konsumen yang bersangkutan.
7) Exchange and transactions. Pertukaran merupakan proses mendapatkan suatu produk dari pihak tertentu melalui penawaran.
8)Relationships and networks. Relationship marketing bertujuan untuk membangun hubungan yang saling memuaskan dalam jangka panjang dengan konsumen, pemasok, distributor dan lainnya.
9) Marketing channels. Untuk mencapai pasar sasaran, marketer menggunakan tiga jenis saluran pemasaran, yaitu: pertama, cummunication channels yaitu menerima pesan kepada dan dari pasar sasaran. Ke dua, distribution channels yaitu menyampaikan produk. Ke tiga, service channels yaitu menyelenggarakan transaksi dengan pembeli potensial yang melibatkan warehouse.
10) Supply chain. Menggambarkan rentang saluran yang lebih panjang mulai dari bahan baku, produk akhir sampai ke pembeli akhir.
11) Competition. Mencakup seluruh pesaing aktual dan potensial.
12) Marketing environment. Terdiri dari lingkungan tugas mencakup perusahaan, pemasok, distributor, konsumen dan lingkungan yang lebih luas mencakup lingkungan demograpi, lingkungan ekonomi, lingkungan alam, lingkungan teknologi, limgkungan politik-legal dan lingkungan sosial-budaya.
13) Marketing program. Tugas marketer adalah mengembangkan suatu program pemasaran atau rencana untuk mencapai tujuan perusahaan
4. a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
5. macam strategi pemasaran diantaranya:
1. Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru

pengantar bisnis_tugas minggu ke-7

tugas minggu ke-7
1. Sebutkan factor-faktor penunjang perkembangan manajemen produksi?
Jawab :
Perkembangan manajemen produksi terjadi berkat dorongan beberapa faktor yang
menunjang yaitu :
a. Adanya pembagian kerja dan spesialisasi
b. Revolusi industri
c. Perkembangan alat dan teknologi (termasuk komputer)
d. Perkembangan ilmu dan metode kerja
2. Sebutkan arti produksi dan berikan 5 contohnya?
Jawab :
Produksi adalah adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa
Contoh kegiatan produksi adalah
a. Membuat nasi goring
b. Membuat keju
c. Membuat roti
d. Membuat mobil
e. Membuat pesawat
3. Apa yang di maksud dengan proses produksi terus menerus dan beri 5 contohnya?
Jawab :
Proses produksi terus menerus adalah proses produksi yang mempunyai pola atau urutan yang selalu sama dalam pelaksanaan proses produksi di dalam perusahaan.
Contoh proses produksi terus menerus adalah
a. Produksi gelas
b. Produksi semen
c. Produksi mobil
d. Produksi tekstil
e. Produksi kaca
4. Sebutkan dan jelaskan 4 macam pengambilan keputusan?
Jawab :
Beberapa macam pengambilan keputusan adalah sebagai berikut
a. Pandangan ekonomi : pengambilan keputusan yang rasional
b. Pandangan pasif : Para konsumen dianggap sebagai pembeli yang menurutkan kata hati dan irasional.
c. Pandangan kognitif : alternatif produk yang tersedia dan karena itu tidak dapat mengambil keputusan yang sempurna, namun secara aktif mencari informasi dan berusaha mengambil keputusan yang memuaskan.
d. Pandangan emosional, mengambil keputusan yang emosional atau impulsive
5. Sebutkan ruang lingkup manajemen produksi?
Jawab :
Ruang lingkup manajemen produksi adalah perencanaan sitem produksi, sistem pengendalian produksi, sistem informasi produksi.

pengantar bisnis_tugas minggu ke-8

Tugas Minggu 8
1. Apa yang dimaksud nilai waktu uang?
Jawaban:
Nilai waktu uang adalah Perbedaan nilai mata uang di saat sekarang dan di saat mendatang. Setiap individu berpendapat bahwa nilai uang saat ini lebih berharga daripada nanti. Sejumlah uang yang akan diterima dari hasil investasi pada akhir tahun, kalau kita memperhatikan nilai waktu uang, maka nilainya akan lebih rendah pada akhir tahun depan. Jika kita tidak memperhatikan nilai waktu dari uang, maka uang yang akan kita terima pada akhir tahun depan adalah sama nilainya yang kita miliki sekarang.
2. Apa arti bunga jika seseorang menabung sejumlah dana di bank?
Jawaban:
Arti bunga jika seseorang menabung sejumlah dana di bank adalah nilai uang kas masuk yang di tabung oleh seseorang akan naik terus – menerus bertambah nilai uangnya di masa yang akan datang yang ditentukan oleh tingkat suku bunga tertentu, hal ini tentu sangat menguntungkan bagi penabung karena dana yang di simpan akan terus bertambah.
3. Apa yang dimaksud nilai waktu uang yang akan datang /future value?
Jawaban:
Yang dimaksud dengan nilai waktu uang yang akan datang adalah nilai uang yang ditentukan oleh tingkat suku bunga tertentu yang berlaku dan tidak bersifat tetap.
4. Buatlah soal untuk mengaplikasi kan soal no.3 dengan suatu kasus !
Jawaban:
Contoh soal untuk mengaplikasikan soal no. 3
Suku bunga di pasar keuangan adalah 10% per tahun. Nilai uang masa mendatang dapat dihitung sebagai berikut :
Perhitungan nilai uang masa mendatang berdasar tingkat bunga 10% per tahun (perhitungan dalam rupiah)
Tahun (1)
Jumlah nilai tunai pada awal tahun (2)
Bunga yang
Diperoleh (1)
X (0, 10) (3)
Jumlah nilai masa mendatang pada akhir tahun
(1) X (1+0,10) FVr¸n
1 1.000,00 100,00 1.100,00
2 1.100,00 110,00 1.210,00
3 1.210,00 121,00 1.331,00
4 1.331,00 133,10 1.464,10
5 1.464,00 146,41 1.610,51
Keterangan tabel :
FV = Future Value (milai masa mendatang)
r = tingkat bunga; n = (periode waktu)
5. Apa arti nilai tunai anuitas & biasa digunakan untuk usaha di bidang apa?
Jawaban:
Arti dari nilai tunai anuitas adalah sejumlah pembayaran atau penerimaan uang dalam jumlah yang sama besarnya dengan jangka waktu periode tertentu.
Nilai tunai anuitas biasa digunakan untuk usaha di bidang :
a. Asuransi
b. Leasing

pengantar bisnis_tugas minggu ke-9

TUGAS MINGGU 9
1.MANAJEMEN KEUANGAN ADALAH : …………………
SEBUTKAN KEPUTUSAN MANAJER KEUANGAN ITU APA SAJA
SERTA KEGIATAN SEORANG MANAJER KEUANGAN BERKAITAN DENGAN
ERAT DENGAN …………..
2.APA YG DIMAKSUD DENGAN KAPITAL BUDGETING DAN SEBUTKAN
METODE PERHITUNGANNYA
3.BERIKAN ALASAN MENGAPA MANAJER KEUANGAN MENCARI DANA
Jawab :
1. Pengertian dari Menejem Keuangan :
Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.
Keputusan pembelanjaan ( Financing )Keputusan investasi adalah suatu usaha dimana manajer keuangan mengalokasikan dana ke dalam bentuk-bentuk investasi yang dapat mendatangkan keuntungan dimasa yang akan datang. Bentuk,macam,dan komposisi dari kegiatan investasi akan mempengaruhi dan menunjang tingkat keuntungan dimasa depan.
Keputusan pembiayaan ( Investasi )Keputusan pendanaan sering disebut dengan kebijakan struktur modal. Dalam keputusan pendanaan seorang manajer keuangan dituntut untuk mempertimbangkan dan menganalisis kombinasi dari sumber-sember dana yang ekonomis bagi perusahaan guna membelanjai kebutuhan-kebutuhan investasi serta kegiatan usahanya.
Keputusan Deviden ( Deviden Policy )Keputusan deviden adalah keputusan manajeman keuangan untuk menentukan besarnya prosentase laba yang dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk cash deviden,stabilitas deviden yang dibagikan,deviden saham ( stock deviden ),pemecahan saham ( stock split ), dan penarikan kembali saham yang beredar yang semuanya ditunjukan untuk meningkatkan kemakmuran para pemegang saham.
2. Pengertian Capital Budgeting / Penganggaran Modal :
Pengertian Pengaanggaran modal (capital budgeting)
modal (capital) menunjukan aktiva tetap yang digunakan untuk produksi
Anggaran (budget) adalah sebuah rencana rinci yang memproyeksikan kas masuk dan aliran kas keluar selama beberapa periode pada saat yang akan datang.
Capital budget adalah proses menyeluruh menganalisa proyek-proyek dan menentukan mana saja yang di masukan ke dalam anggaran modal anggaran.
Metode perhitungannya :
NET PRESENT VALUE adalah selisih uang yang diterima dan uang yang dikeluarkan dengan memperhatikan time value of money. Gunakan rumus time value of money yang present value untuk mengetahui nilai uang saat ini.
INTERNAL RATE OF RETURN adalah adopsi dari NPV. Satuannya menggunakan %. Tingkat bunga dimana arus kas masuk yang sudah di-presentvaluekan = Initial Investment-nya. IRR > K diterima, IRR
DISCOUNTED PAYBACK PERIOD sama seperti payback period tapi arus kas yang digunakan sudah dikalikan dengan tingkat bunga. Dibuat untuk mengatasi kelemahan payback period
PROFITABILITY INDEX; metode ini menghitung perbandingan antara nilai arus kas bersih yang akan datang dengan nilai investasi yang sekarang. Profitability Index harus lebih besar dari 1 baru dikatakan layak. Semakin besar PI, investasi semakin layak.
Contoh kasus :
Suatu investasi ditanam pada tahun 2009 sebesar Rp 10.000.000,00. Cost of Capital 12% (Tingkat Bunga di Bank). Inflasi 10%. Diharapkan balik modal setelah tahun ke-4. Cash Flow yang diperoleh untuk 6 tahun ke depan adalah sebagai berikut :
Payback Period; modal sudah kembali pada tahun ke lima. Cara untuk menghitung waktu yang lebih rinci :
Bandingkan kekurangan tahun ke-4 dengan cash flow tahun ke-5
= (Rp 10 juta – Rp 8 juta) : (Rp 11,2 juta – Rp8.000.000) x Rp 12 bulan
= 7,5 hari
Berarti balik modal 4 tahun 7 bulan 15 hari
3. Alasan mengapa manajer keuangan mencari dana yaitu :
• Karena membiayai kegiatan perusahaan yaitu investasi.
• Membayar dividen kepada pemegang saham.
• Untuk operasional kegiatan perusahaan.
• Untuk memaksimalkan laba perusahaan.
• Untuk menghasilkan kontribusi maksimum terhadap operasi yang efisien dari suatu organisasi.
• Untuk kesejahteraan karyawannya.
• Untuk mengembangkan kegiatannya.


pengantar bisnis_tugas minggu ke-10

1.      Sebutkan dan jelaskan metode pendekatan sumber daya manusia?
Jawab:
Metode pendekatan sumber daya manusia yaitu :
a. Pendekatan sumber daya manusia
Pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya manusia. Jadi kebutuhan dan kepentingan manusia tidak di abaikan
b. Pendekatan manajerial
pimpinan yang menganalisis prestasi pekerja dan kehidupan pekerjanya
c. Pendekatan system
subsistem dari sistem organisasi yang perlu dievaluasi dengan kriteria besarnya kontribusi yang dibuat.
d. Pendekatan Proaktif
Dapat meningkatkan kontribusi kepada karyawan, manajer dan organisasi melalui antisipasi pada masalah yang timbul.

2.      Untuk apa organisasi membuat rancangan kompensasi bagi karyawannya?
Jawab:
Tujuan organisasi membuat rencana kompensasi bagi karyawannya:
· Menarik karyawan yang cukup profesional ke dalam organisasi.
· Mendukung karyawan untuk mencapai prestasi terbaik.
· Mencapai masa dinas yang panjang.

3.      Apa perbedaan analisis beban kerja dan analisis tenaga kerja?
Jawab:
Perbedaan analisis beban kerja & tenaga kerja adalah :
· Analisis beban kerja, yaitu penjualan, penyusunan jadwal waktu kerja dan jumlah tenaga kerja untuk membuat suatu unit barang
· Analisis tenaga kerja, yaitu menghitung jumlah tenaga kerja yang tersedia dalam satu periode.

4.      Apa yang dilakukan karyawan jika terjadi ketidak sepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja?
Jawab:
· Mengadakan musyawarah lagi sampai ditemukan titik temunya.
· Pemogokkan.
· adanya demo, kerja malas malasan
5.      Sebutkan hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan?
Jawab:
a. Closed shop agreement.
b. Union shop agreement.
c. Open shop agreement.


1 komentar:

  1. hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)
    @deliverdee

    BalasHapus